Sabtu, 29 Oktober 2011

Fungsi Toilet/WC Sekolah Di Mata Siswa

Toilet, ya.. Sebuah tempat yang memiliki nama lain WC ini sekarang hampir ada di segala tempat umum atau objek vital. Terutama di Sekolah. WC murid disediakan oleh pihak Sekolah untuk dimanffatkan murid untuk tempat membuang kotoran (feses dan air seni) dan keperluan lainnya. Tapi, apakah WC murid di Sekolah sudah dimanfaatkan dengan baik? Jawabannya belum.
WC murid di Sekolah saya (SMPN 2 Tasikmalaya) merupakan salah satunya, sebagai contoh di WC dekat tangga menuju lt.2 menuju Perpustakaan dan ruangan kelas 8-A sampai 8-E. Ketika saya datang ke WC tersebut, kedatangan saya disambut dengan beberapa coretan spidol di dinding WC, terkadang disini juga tercium bau tidak sedap. Westafelnya pun suatu ketika  pernah lubang saluran airnya tersendat oleh tisue, sehinggan saluran airnya kurang lancar. Selain itu, di dalam WC terdapat juga bebearapa sampah makanan dan minuman. Aneh banget, kok ada sampah makanan minuman? Mungkin, ada beberapa siswa yang membuang sampah di WC. Selain itu di WC dekat warung sekolah yang tidak jauh dari ruang kelas 7J (waktu kelas 7, saya merupakan murid 7J) juga terdapat coretan dan bau tidak sedap.
Meskipun begitu, WC di Musholla SMPN 2 Tasikmalaya kebersihanya sudah baik. Memang, disini juga terdapat beberapa coretan, namun kebersihannya sudah baik. Mengingat lokasi WC ini di Musholla sebagai tempat beribadah, maka kebersihannya pun wajar lebih bersih. Namun, di WC Mushola lantai atas yang sering digunakan oleh perempuan kebersihannya belum terlalu baik. Mengapa? Karena, saya dengar dari teman saya yang perempuan bahwa di WC Musholla lantai atas ada beberapa pembalut yang dibuang secara sembarangan. Padahal, sudah jelas bahwa ada larangan "Dilarang Membuang pembalut sembarangan", tapi hal ini tidak dihiraukan. Jelas, ini merupakan sebuah perilaku yang jorok.
Oleh karena itu, kita sebagai siswa (terutama siswa SMPN 2 Tasikmalaya) wajib memanfaatkan fasilitas Toilet/WC ini dengan baik, bijaksana, dan bertanggung jawab. Karena, kita harus sadar bahwa pihak sekolah telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membuat fasilitas Toilet/WC bagi siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar