Minggu, 23 Oktober 2011

Meningkatkan Kebersihan Dan Menjaga Fasilitas Kebersihan Di Sekolah

Dalam upaya peningkatan mutu kebersihan, menjaga kebersihan di Sekolah sangatlah penting agar terciptanya sebuah lingkungan sekolah yang bersih, asri dan nyaman. Namun, menurut pengamatan saya masih banyak sekolah yang tingkat kebersihannya belum mencapai 100%. 
Sebagai contoh, di Sekolah saya (SMPN 2 Tasikmalaya), masih banyak siswa yang membuang sampah secara sembarangan. Padahal, pihak sekolah telah memberikan fasilitas tempat sampah sebagai tempat pembuangan sampah. Namun, fasilitas ini belum mampu dimanfaatkan dengan baik oleh siswa. Pernah saya melihat ada seorang siswa sedang makan jajanannya. Setelah selasai makan, bungkus makanan tersebut dibuang sembarangan. Padahal, tidak jauh dari posisi siswa tersebut terdapat tempah sampah. Selain itu, di dalam kelas ada siswa sedang makan jajananya. Setelah selesai bungkusnya dibuang/disimpan ke kolong bangku. Jelas ini merupakan suatu perilaku yang tidak mencerminkan hidup bersih.
Selain itu, dalam penggunaan fasilitas WC/Toilet, masih banyak siswa yang menggunakan fasilitas ini dengan baik. Contohnya, ada beberapa siswa setelah buang air di WC, kotorannya tidak disiram lagi sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Bahkan, ada beberapa oknum siswa yang sengaja mencorat-coret WC dengan spidol dan alat tulis lainnya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa masih ada beberapa siswa yang berprilaku "jorok" dalam arti tidak mencerminkan perilaku hidup bersih.  Namun khusus WC/Toilet yang berada di Mushola SMPN 2 Tasikmalaya tingkat kebersihannya sudah baik mengingat Mushola merupakan sarana tempat ibadah bagi siswa SMPN 2 Tasikmalaya.
Oleh karena itu, baik atau buruknya kebersihan di suatu sekolah merupakan tanggung jawab bersama seluruh warga sekolah. Kita tidak boleh menyalahkan hal ini sepenuhnya kepada pihak sekolah, karena toh pihak sekolah tidak mengeluarkan biaya sedikit untuk memberikan fasilitas kebersihan bagi siswa. Hanya kita, selaku siswa yang merupakan bagian dari warga sekolah untuk memanfaatkan fasilitas kebersihan yang diberikan sekolah dengan baik dan bijak.
Jadi intinya, mari kita bersama-sama tingkatkan kerbesihan dan menjaga fasilitas kebersihan di Sekolah.

5 komentar: